Tips Melupakan Mantan

Winayajayasakti.org -  Manusia sebagai makhluk sosial butuh dan perlu untuk berinteraksi dengan sesama(orang lain). Kita tidak bisa bila terus-menerus mengurung diri di rumah dan sibuk dengan dunia kita sendiri. Akibat dari berinteraksi inilah lalu kita mengenal keluarga, teman, sahabat, kolega, pacar, suami, atau istri. Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan bertemu dengan bermacam orang. Lalu dari sana akan tumbuh rasa cinta. Ras cinta tidak harus selalu berhubungan dengan pacar atau kekasih. Cinta bisa tibul dalam bentuk apapun. Cinta tidak selalu bisa membuat bahagia, terkadang ada masalah yang bisa membuat kita depresi, terpuruk dan luar biasa sedih. Baik itu karena teman yang mengkhianati, cinta yang ditolak, patah hati, atau karena perceraian.
Mantan tetep berteman
Jika membahas masalah cinta, secara langsung biasanya kita akan mengaitkan rasa cinta dalam hal pacaran atau pernikahan suami-istri. Kadang hubungan cinta seperti ini tidak selalu berakhir dengan bahagia. Ada yang berakhir dengan kebahagiaan, berlanjut sampai ke pelaminan dan hidup rukun sampai tua dan hingga mati. Tapi ada juga yang mengalami perpisahan di tengah jalan seperti putus cinta atau perceraian. Pada saat kita jatuh terpuruk karena merasa sedih saat mengalami terjadinya perpisahan, ada kecenderungan untuk mengisolasi diri dan berusaha untuk melupakan kenangan-kenangan indah yang pernah dialami saat bersama pasangan.

Tapi nyatanya semakin kita berusaha untuk melupakan, kenangan-kenangan itu bukannya bisa hilang begitu saja, malahan akan semakin menghantui pikiran, terutama jika ternyata masih ada rasa cinta atau rasa sayang kepadanya. Biasanya rasa frustrasi karena patah hati ini akan membuat kita merasa malas dan gak bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tentunya tidak enak, untuk melupakan juga bukanlah hal yang mudah. Agar bisa melupakan butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Istilahnya adalah kamu harus segera move on. Mungkin kamu membutuhkan bantuan seseorang supaya bisa melupakan dia. Daripada terus menerus merasa sedih dan frustrasi, mari kita simak saja langsung cara melupakan mantan pacar.

1. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melupakan mantan pacar yang masih dicintai, tetapi biarkan saja mengalir dengan alami.
Sudah merupakan hal yang wajar bila saat pertama berpisah kita akan masih terus teringat akan kenangan bersama mantan. Tapi sebaiknya jika kamu tidak selalu mengingat-ingat terus kenangan bersama dia, tepatnya harus melupakan kenangan bersama dia. Tapi pada saat kamu berusaha melupakan, janganlah terlalu memaksakan diri untuk dapat melupakan dalam waktu yang singkat. Cara melupakan seseorang dengan cepat adalah berusaha untuk tidak mengingatnya tapi tidak terlalu memaksanya. Bagaimana maksudnya? Tidak perlu menekankan pada dirimu sendiri bahwa kamu harus segera melupakannya, justru dengan cara untuk melupakan seseorang seperti ini malahan akan membuat kamu terus teringat tentang dia. Biarkan saja mengalir. Yang penting adalah menghindari pemicu yang bisa membuat kamu mengingat-ingat kenangan tentang dia.

2. Hindari sendirian dalam waktu yang lama
Saat berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun inilah justru pikiran akan terus memutar ingatan dan kenangan saat bersama dia. Hal ini tentu saja akan membuat dirimu semakin susah untuk melupakannya. Jangan membiarkan dirimu berada dalam kesendirian dalam waktu yang lama. Bila memang kamu merasa harus menyendiri, lakukanlah sesuatu dan jangan biarkan dirimu tidak melakukan hal apa-apa. Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas-tugas dan kewajibanmu.

3. Sibukkan diri dengan aktivitas
Hampir sama dengan poin nomor 2, cara melupakan seseorang yang tidak mencintai kita adalah dengan terus menyibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu tidak sempat memikirkan diri sendiri atau tidak melakukan apapun atau melamun. Caranya, kamu bisa melakukannya dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobby yang kamu sukai, berjalan-jalan di mall atau taman, berkumpul bersama keluarga. Dan lebih baik lagi jika kamu mau berolahraga. Karena olahraga bisa menyehatkan badan yang juga bisa mempengaruhi pikiranmu agar menjadi positif dan secara otomatis maka kamu akan bahagia.

4. Hindari hal-hal yang membuat kamu ingat dengan mantan
Pastinya Kamu punya akun media sosial. Sebaiknya kamu block semua akun mantanmu. Sepertinya terlalu kejam dan tega. Tapi andaikan tiba-tiba dia mengupdate statusnya dan muncul di berandamu akan membuat kamu jadi teringat lagi dan hal ini akan membuat kamu semakin sulit untuk melupakan dia. Misalkan kamu punya kado atau barang-barang pemberian mantan. Untuk sementara, sebaiknya simpan dulu agar kamu tidak teringat lagi karena melihat barang-barang tersebut.
Cara melupakan seseorang yang kita cintai bisa dengan membuang barang-barang tersebut, kamu simpan di kardus, disumbangkan, bagaimanapun caranya. Yang terutama supaya kamu gak melihat barang itu. Satu lagi cara cepat melupakan seseorang adalah jangan biarkan dirimu berada dalam situasi yang bisa memancing timbulnya kenangan-kenangan itu. Misalnya, menonton film atau drama percintaan, mendengarkan musik-musik galau, cengeng atau yang ada hubungannya dengan percintaan. Bila sampai kamu berada dalam situasi seperti itu, pasti kenangan lama saat bersama mantan terindah akan muncul secara tiba-tiba.

5. Jangan menghubungi mantan sekalipun
Hentikan memandangi hape dan melihat chatmu dengan mantan. Block semua media sosial mantan. Hindari dan jangan pernah sekalipun untuk menyapa mantan walaupun cuma sekadar chat. Akan lebih baik lagi bila kamu mem-block segala jenis komunikasi yang berhubungan dengan mantan. Kadangkala mungkin saja dia akan berusaha menghubungi kamu lewat WA, LINE, FB ataupun SMS. Janganlah menjawab atau membalas chatnya, terutama kalau dia menelponmu. Tidak perlu menerima telpon darinya supaya kamu juga tidak berharap.

6. Batasi interaksimu dengan dia
Jika ternyata mantan adalah teman satu kelas, satu kampus atau satu tempat kerja? Sebaiknya hindari atau jangan terlalu sering berdekatan atau berinteraksi deh. Cara melupakan seseorang yang telah menyakiti kita ini akan efektif jika kamu tidak berinteraksi dengan dia. Misalkan, bila dia ingin mengajak berteman dulu, kamu bilang saja kalau butuh waktu untuk menetralkan perasaan. Bila kamu sudah siap barulah kamu bisa bersikap seperti semula yaitu hanya sebatas teman biasa. Awalnya mungkin akan terasa canggung banget. Orang-orang di sekitarmu juga akan merasa ada yang aneh. Tapi gak usah dipedulikan karena itu demi kebaikan dirimu sendiri.

7. Curhat ke sahabat terdekat
Bagaimana cara melupakan seseorang selanjutnya adalah dengan cara menceritakan perasaan kita pada sahabat terdekat.
Sebelumnya perlu kamu ingat, sebaiknya kamu curhat kepada seseorang yang benar-benar kamu percaya. Kamu bisa curhat pada sahabat atau orang tua. Hal ini bisa membantu untuk meringankan beban di hati dan pikiranmu.

8. Berinteraksi dengan orang baru
Cobalah untuk berinteraksi dengan orang baru. Jangan takut. Selain bisa menambah relasi, ada kemungkinan atau peluang nantinya kamu akan menemukan jodoh baru. Bukalah hati saja. Jangan terlalu menutup hati. Biarkan luka hatimu sembuh dengan sendirinya.

9. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta
Ini adalah petunjuk bagaimana cara melupakan mantan, yang terakhir. Yaitu dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah. Mungkin saja ini merupakan cara-Nya untuk menegur kamu , karena kamu semakin menjauh dari-Nya. Mintalah agar kamu diberikan kekuatan supaya dapat terus hidup, bertahan dan mampu mengatasi akibat dari luka yang disebabkan oleh mantanmu.

Jadi itulah ke-9 cara melupakan seseorang yang kamu cintai. Ingat, cepatlah bangkit dan jangan terus -terusan frustrasi dan terpuruk secara berlarut-larut dalam kesedihan. Sebenarnya bukan hanya kamu saja yang pernah mengalaminya, di luar sana juga banyak orang yang mengalami hal yang sama denganmu. Semangat. Semoga bermanfaat.

Source : Vemale

Posting Komentar

0 Komentar