Sandi Kotak itu buatan Freemasons klasik

Winayajayasakti.org - Salam Pramuka! Dalam materi Pramuka kita sudah tak asing lagi dengan materi Sandi-sandi, seperti sandi morse, koordinat dan tentunya sandi Kotak. Sandi Kotak ada 2 jenis yang sering digunakan yaitu sandi Kotak I dan II.
Sedang memecahkan sandi sambil perjalanan
untuk sandi Morse kita tahu semua penciptanya adalah Samuel FB Morse yang selengkapnya bisa dibaca disini. tetapi untuk sandi Kotak ternyata diciptakan oleh organisasi rahasia Freemasons. Freemasonry merupakan organisasi yang tertutup dan ketat dalam penerimaan anggota barunya. Organisasi ini bukan merupakan organisasi agama dan tidak berdasarkan pada teologi apapun. Tujuan utamanya adalah membangun persaudaraan dan pengertian bersama akan kebebasan berpikir dengan standar moral yang tinggi. Freemasonry sendiri adalah simbolisasi dari pengertian pekerja keras yang mempunyai kebebasan berpikir. Kata mason berasal dari bahasa Perancis, ma├žon, yang artinya "tukang batu" Sekalipun organisasi ini merupakan organisasi hanya bagi kaum laki-laki namun kini sudah banyak pula kelompok Freemasonry wanita.

Freemason telah lama menggunakan cipher untuk mengenkripsi seruan dan pesan mereka. Kedua cipher di halaman ini menggunakan Cipher Masonik klasik, yang juga dikenal sebagai Pigpen Cipher, karena alfabet ditulis ke dalam serangkaian kisi-kisi, dengan beberapa kemiripan yang melintas dengan pigpens.
Sandi Kotak versi Mason Klasik
Meskipun penampilan, cipher ini semua cryptograms substitusi sederhana, sehingga frekuensi masing-masing simbol akan memberi Anda petunjuk seperti huruf E, T dan A. Trik pemecahan lainnya untuk cryptograms akan bekerja sama baiknya di sini. 


begitulah sekilas tentang hubungan Sandi Kotak dan Organisasi Freemasons, jangan lupa baca artikel kita yang lain yah kak!
Salam pramuka!

Posting Komentar

0 Komentar