Apa yang harus dilakukan ketika badai datang?

winayajayasakti.org - repost dari Dummies tentang bagaimana cara kita menghadapi badai. Walaupun negara kita jarang bahkan tak ada tornado tetapi tak ada salahnya belajar dari negara USA, sebagai tambahan pengetahuan kita. berikut terjemahan artikel itu : 

Ketika badai menyerang, membuat gerakan yang benar bisa menjadi masalah hidup atau mati. Lebih banyak badai terjadi selama bulan September dibandingkan bulan lainnya, tetapi musim badai membentang akhir Mei hingga November dan dapat mendorong hujan tanpa henti dan angin hingga 100 mil ke daratan. Persiapan itu penting. Jika Anda disuruh mengungsi, jangan ragu. Dan jika Anda terjebak dalam badai, ikuti kiat-kiat ini:

  1. Tetap didalam. Jangan mencoba pindah ke lokasi lain. Anda mungkin tidak berada di tempat yang ideal, tetapi berada di jalan ketika badai sedang berlangsung atau akan segera terjadi, terlalu berbahaya untuk dipertaruhkan. Air banjir datang dengan cepat dan bergerak cepat. Air tidak perlu lebih dari satu kaki untuk menyapu mobil Anda.
  2. Pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat. Tutup tirai atau tirai untuk menempatkan penyangga di antara Anda dan kaca, yang bisa pecah dari angin, ranting, atau puing-puing yang beterbangan. Jika Anda punya waktu, menguatkan pintu eksterior dengan furnitur berat adalah ide yang bagus.
  3. Tetap di tingkat terendah bangunan, dan temukan ruang interior. Itu mungkin lemari, kamar mandi, atau tangga. (Tetap keluar dari lift selama badai.) Ruangan tingkat atas dan eksterior lebih rentan terhadap kerusakan akibat angin kencang; Anda paling aman di mana ada banyak halangan antara Anda dan badai.
  4. Lindungi diri Anda dengan apa pun yang Anda bisa: bantal sofa atau kasur, mungkin. Terutama jika Anda tidak memiliki ruang interior, menempatkan meja di antara Anda sendiri dan jendela atau pintu dapat membuat Anda aman dari kaca atau puing-puing.
  5. Dengarkan informasi darurat. Anda mungkin diminta untuk mematikan utilitas Anda pada titik tertentu atau kehilangan daya. Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk alasan apa pun, hindari membuka kulkas Anda sehingga membuat makanan tetap dingin selama mungkin.
  6. Rumah Anda mungkin banjir selama badai. Jika ya, matikan listrik Anda dan pindah ke lantai yang lebih tinggi. Air banjir mungkin terkontaminasi dengan kotoran.
  7. Pada titik tertentu, angin dan hujan cenderung mereda. Jangan tergoda untuk pergi keluar; ini mungkin hanya menjadi mata badai dan mengarah ke angin yang lebih tinggi dan menggedor hujan.

source : Dummies 101.

Posting Komentar

0 Komentar