Semaphore Dance : Pengertian dan Perlombaannya

Winayajayasakti.org - Semaphore adalah cara mengirim bendera dengan mempergunakan sepasang bendera. Bendera yang dipergunakan berukuran 45 X 45 cm dan warnanya harus kontras atau mencolok agar mudah dilihat dari jauh. Biasanya berwarna merah dan kuning. Tongkat bendera yang digunakan berukuran 60 cm. Abjad dan angka dalam semaphore terdiri dari sikap tangan kiri serta tangan kanan, dan bendera harus di pegang sedemikian rupa, sehingga tongkatnya seperti sambungan tangan kita. 

Dalam rangka untuk cepat menghapal huruf dan angka semaphore, maka dibuatlah Senam Semaphore atau sering juga disebut Semaphore Dance. Keduanya teknik yang sama untuk menghafal dan memvariasikan bentuk latihan semaphore tetapi ada sedikit perbedaannya. Kegiatan ini intinya adalah mempraktekan Huruf semaphore dengan diiringi musik. 
Rere sedang berlatih senam semaphore
Senam Semaphore terbagi menjadi 3 Fase Gerakan, yaitu Gerakan Pemanasan dengan musik yang santai dan memperagakan huruf semaphore dari A-Z. Yang kedua adalah Gerakan Inti dengan musik yang upbeat lebih bersemangat, serta gerakan semakin rumit dan berpola, lalu Gerakan Pendinginan, pada gerakan ini musik kembali santai dan gerakan semaphore dapat diarahkan seperti gerakan pendinginan pada senam. 
senamsemaphore
Senam Sempahore
Semaphore Dance, hampir sama dengan senam Semaphore hanya saja tidak diakhiri dengan Gerakan Pendinginan dan gerakan lebih bebas serta artistik yang di kedepankan. 

Perlombaan Semaphore Dance dan Senam Semaphore sudah banyak diadakan di Semua Daerah Indonesia, awalnya dan yang paling terkenal adalah video Senam Semaphore yang berlomba di Lampung. Saat ini bisa kakak lihat contohnya di YouTube banyak banget, bisa menjadi bahan ATM (Amati Tiru Modifikasi) untuk diterapkan di pangkalan Kakak semua. berikut video kegiatan latihan senam Semaphore dari Pangkalan kami :

Sekian dari kami Salam Pramuka!!

Posting Komentar

0 Komentar