Mengenal Finger Heart, Gestur Cinta ala Korea Selatan

Kak Rafly dan Kak Bintang
Itu tangannya ngapain sih? 
Minta duit? 

Mungkin komentar ini akan diucapkan oleh orang-orang yang belum paham maksud dari gestur tangan yang kerap ditunjukkan oleh orang Korea Selatan ini. Gestur ketika ibu jari dan telunjuk berpose dengan saling menyilang di bagian ujungnya seperti gambar tadi. Gestur tangan ini bukan dimaknai seperti gerakan jari tangan yang kerap kita lakukan dan identikan dengan maksud meminta fulus alias uang kepada teman ya! 

ni adalah gestur finger heart yang sering digunakan orang-orang di Korea Selatan Gan. Sesuai dengan namanya finger heart, ketika melakukan gestur ini, jempol dan telunjuk membentuk layaknya bentuk hati sebagai cara untuk menunjukkan simbol cinta ataupun bentuk terimakasih dan penghargaan. 

Sudah populer cukup lama di Korea Selatan 

Finger heart sendiri sudah populer di Korea sejak beberapa tahun belakangan Gan. Memang awal mula siapa yang mempopulerkannya sendiri belum jelas. Ada yang menyebut bahwa orang pertama yang menciptakan finger heart ini adalah Kim Hye Soo, seorang aktris Korea Selatan. Dalam beberapa foto miliknya dengan perkiraan tahun sekitar tahun 2000-an yang beredar terlihat bagaimana Kim Hye Soo berpose dengan melakukan finger heart. 

Ada pula yang mengatakan anggota dari Big Bang, yakni G-Dragon lah yang mempopulerkan finger heart ini setelah ia memposting foto masa kecilnya yang tengah berpose sambil menunjukkan finger heart tersebut.
Capture
Ya, terlepas dari siapa yang memulai nyatanya gestur finger heart ini cukup populer dan telah dilakukan oleh banyak orang terutama di Korea Selatan. Apalagi setelah banyak idola Korea Selatan yang menunjukkan gestur finger heart ini ketika konser atau jumpa fans sebagai bentuk tanda cinta kepada para penggemarnya, fans pun berbondong-bondong melakukan hal serupa. 

Lagi pula menunjukan gestur tanda cinta di Korea Selatan bukanlah hal yang asing. Selain finger heart, banyak gestur lain yang biasa dilakukan. Mulai dari membuat bentuk hati dengan cara mengangkat tangan di atas kepala ataupun dengan membentuk hati dengan kedua telapak tangan. Meski begitu tampaknya gestur finger heart lebih diminati ketimbang gestur cinta lainnya. Barangkali karena gerakan finger heart ini yang terbilang lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan ketimbang gesture tanda cinta lainnya. 

Diperkenalkan hingga lingkup global 
Kini tak hanya selebriti Korea yang melakukan gestur finger heart, namun juga banyak orang di berbagai belahan dunia terutama oleh para penggemar budaya Korea. Finger heart ini sendiri juga sepertinya seakan sengaja semakin dipopulerkan oleh Korea Selatan ke masyarakat dunia. 

Lihat saja bagaimana bintang-bintang Hollywood yang datang mengunjungi Korea Selatan untuk mempromosikan film, juga diperkenalkan dengan finger heart ini saat sesi pemotretan berlangsung. Beberapa di antaranya yakni Black Jack ketika promo Kungfu Panda 3, Ansel Elgort saat promosi Baby Driver, dan yang paling baru yaitu para pemeran Black Panther datang ke Seoul yang datang saat pemutaran perdana film mereka. Saat itu para cast menggunakan “pose wajib” finger heart saat berfoto di hadapan kamera awak media yang meliput.

Berbeda dengan orang Korea, kita yang di Indonesia memang terbilang jarang mempertunjukan gesture tanda cinta seperti ini dalam keseharian. Namun setidaknya gesture finger heart yang populer ini cukup bisa dijadikan alternatif pose baru ketika berfoto selain mengacungkan dua jari membentuk tanda V ke kamera kan! 

Posting Komentar

0 Komentar