Jenis Channel Youtube

Winayajayasakti.org, Pandeglang - YouTube saat ini sudah sangat bersaing dengan televisi, pada dasarnya youtube pun hanya sebuah platform social media dengan konten sharing Video. Jadi Konten youtube sendiri dibuat oleh para penggunanya, sehingga yang membuat Youtube saat ini menjadi populer adalah Penggunanya sendiri. 

Pengguna Youtube yang mengisi atau mengupload videonya ke youtube disebut juga dengan Konten Kreator. nah Para Konten Keator ini agar terkenal sebagai Youtuber biasanya mengisi kontennya dengan mengambil/membahas tema tertentu, biasa disebut dengan Niche. Nah secara  umum kita bisa mengelompokkan jenis video yang di Upload ke YouTube. Berikut Jenis-jenis Channel YouTube :

1. Music Video (MV)
YouTube saat ini menjadi media yang paling mudah dan efektif untuk promosi Musiknya musisi di Dunia ini. Dikatakan mudah dan efektif karena secara konvensional Musisi mempromosikannya dengan TV dan cukup sulit untuk sampai bisa tayang di TV apalagi yang mengambil jalur Indie. 

Saat ini hampir semua musisi mempuyai Channel YouTube nya masing-masing, dan harus diingat karena banyak akun yang repost dan termasuk pembajakan maka tontonlah videonya dari akun yang verified dengan tanda centang di nama akunnya. 
MV
Konten MV juga ada beberapa Kategori, yaitu 
  • Original Video :Video asli dari musisi yang musik dan lagu sudah mempunyai Hak Cipta. 
  • Cover Music : Video Musik Cover ini adalah musisi yang mengcover (menyanyikan dan mengaransemen ulang musik dari penyanyi aslinya.) Saat ini banyak sekali musisi cover yang bahkan lebih bagus dari penyanyi aslinya. 
  • Music Live : Musik Video dari Konser juga menjadi favorit banyak orang karena mereka bisa melihat kemampuan dari musisi idola nya serta bagi yang berbudget rendah dan tidak bisa menonton konsernya langsung bisa menonton di Youtube
2. VLOG (Video Blog)

Pengertian vlog adalah sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website. Biasanya video vlog berisi tentang ketertarikan, opini maupun pikiran, hampir mirip dengan tayangan televisi, walaupun dalam proses pembuatannya tidak serumit pembuatan tayangan televisi. Istilah vlog sendiri merupakan singakatan dari video blog.
Vlog
Sebenarnya istilah vlog sendiri telah ada sekitar tahun 2000 an dan di Indonesia sendiri istilah video vlog lagi trend pada tahun 2014 an, Istilah vlog ini berawal dari seorang blogger bernama Adam Kontras dan diikuti Adrian Miles yang menambahkan sebuah video pada postingan blognya, dan kemudia menyebutnya dengan vlog ( video blog ).

Saat ini banyak artis yang membuat Vlog, atau juga ada orang biasa yang malah terkenal atau jadi artis karena Vlognya. Umumnya Vlog juga dapat kita kelompokkan sebagai berikut :

  • Vlog Keseharian, nah ini Vlog yang paling mudah dibuat Artis, karena mereka hanya tinggal merekam keseharian mereka atau aktivitas mereka nanti juga banyak yang nonton, karena  orang Indonesia itu banyak yang kepo. Contohnya yang baru-baru ini itu Vlognya Raffi Ahmad dan Nagita di Channel RANS Entertaiment, ada juga Vlog nya Awkarin. 
  • Vlog bertema, nah ini vlog yang saya suka karena mereka para Vlogger ini memuat Vlog yang membahas satu Tema bahasan aja atau juga bahasannya menurut cara pandang si Vlogger. Contohnya Vlognya Panji Petualang yang membahas Ular dan Reptil Lainnya, Dunia Manji yang banyak membahas dunia Musik dll, Dedy Corbuzier yang membahas hal yang kekinian lewat sudut pandangnya, dll. 
3. Tutorial Video
Ini adalah jenis video Youtube yang paling berguna dan bermanfaat karena di dalamnya ditampilkan Prosedur atau Teknik dalam melakukan atau membuat sesuatu. 
Beberapa macam tutorial yang umum atau juga banyak dicari saat ini adalah :
  • Tutorial Komputer, seperti desain grafis, editing Video dll
  • Tutorial Fotografi dan membuat Audio Visual, contohnya yang terkenal adalah channelnya Mas Goen yang dari membuat video 
  • Tutorial Masak atau resep masakan, nah ini yang paling disukai ibu-ibu nih.
  • Tutorial DIY (Do It Your Self), yaitu video yang menampilkan cara membuat sesuatu biasanya sih Craft atau kerajinan. 
  • Tutorial Game, disini kamu akan diajarin cara main game dengan benar dan juga cepat karena mungkin banyak game yang sulit kamu pecahkan atau mainkan dengan melihat video ini kamu jadi bisa. Contohnya yang lagi menjamur itu Tutorial Game Mobile Legend, AOV, PUBG dll

4. Unboxing atau Review barang

Unboxing juga ternyata banyak menyedot pemirsa youtuber, di video ini kita akan melihat proses pembukaan suatu barang (biasanya elektronik) dan sambil mereview ke istimewaan, kemampuan dan Kesesuaian Harga dengan barang tersebut. Hal ini sangat membantu bagi orang yang ingin membeli barang agar tidak tertipu dan memastikan kualitas barang yang akan di belinya. Contohnya channelnya bang Putu Reza, Bestindotech dll.

5. Challenge
Nah jenis ini juga banyak yang menggeluti, jadi para konten kreator membuat video dengan challenge tertentu. misalnya Mannequin Challenge, Challenge Ice Bath (mandi dengan Es), dll. Intinya kamu ditantang membuat video dengan ketentuan harus melakukan suatu hal sehingga yang dibutuhkan adalah nyali besar dan tahan malu untuk membuat jenis video YouTube. 

6. Berita atau Pandangan Politik

Sama hal-nya dengan musisi para politikus juga memanfaatkan media YouTube, salah satu Gubernur yang berani menayangkan isi rapat dinasnya adalah Pak Ahok, banyak sekali video tentang dia di YouTube. Sayangnya media ini pun digunakan untuk kampanye hitam oleh beberapa politikus untuk menjatuhkan lawan politiknya. Selain itu banyak YouTuber yang merepost ulang berita atau acara talkshow di YouTube, karena hal ini pihak televisi banyak yang merasa rugi sehingga mereka membuat dan merepost sendiri channelnya. Seperti Net.TV, Transmedia dll.

Ya, kiranya sekian yang dapat kami sampaikan. Terakhir jangan lupa Subscribe Channel YouTube kami disini
Salam Pramuka!

Posting Komentar

0 Komentar