Belajar Wiraswasta dengan berjualan Merchandise


winayajayasakti.org - Didalam menempuh SKU dan SKK, terdapat poin Menabung dengan uang hasil jerih payah sendiri. Sekitar 10 tahun yang lalu untuk menempuh poin ini Pramuka WJS pernah berjualan Gorengan seperti Bakwan - Tahu di jual di sekitar SMP. Hasil keuntungannya dimasukkan ke tabungan Peserta didik, dan uang modalnya untuk dirinya sendiri atau dikembalikan ke orang tua. Dengan kegiatan ini Peserta didik dapat merasakan susahnya mencari uang, dan menghargai uang yang kita punya. Sehingga tidak menghambur-hamburkan uang yang kita punya. 

Pada Akhir Maret lalu mulai kita rubah dengan memadukan industri kreatif, Peserta Didik mendesain gambar yang akan dijadikan Pin atau Gantungan Kunci, lalu mengumpulkan Modal dan karena kita belum punya alatnya, kita bisa beli di pihak ke-3. Pertama kali kita bikin di percetakkan Riza Putri  di Kabupaten Lebak, dan kemarin yang terakhir kita pesan di bukalapak di akun Pin Bahagia dan ABPrint. 

Untuk 1 buah Pin/Gantungan Kunci ukuran 55 mm harganya Rp. 2.500,- lalu kami jual dengan harga Rp. 5.000,- dan laris habis. Karena peserta didik cukup pintar menggambar desai yang disukai oleh teman-temannya seperti Logo WJS, Logo Boy Band BTS dan EXO, selain itu logo ekskul lain.

Contoh Hasil Gantungan Kunci

Pin yang ke-2
Dengan kegaiatan ini dharapkan peserta didik mendapat pengalaman yang berharga agar selalu kreatif dalam menjalani kehidupan ini.

Posting Komentar

0 Komentar