Halang Rintang dalam kegiatan Hiking Rally WJS V

Winayajayasakti.org - Halang Rintang adalah sebuah kegiatan yang umumnya di alam terbuka melatih fisik, mental, dan kekompakkan serta dapat memberikan rasa penasaran dan ingin tahu juga kebanggan setelah berhasil melewatinya. Kegiatan ini intinya adalah melatih fisik dan mental untuk melintasi berbagai halangan dan rintangan sebagai kiasan dari pendidikan kepramukaan untuk mendidik dan mempersiapkan peserta didik menghadapi halangan dan rintangan di kehidupan nyata. Mengajarkan bahwa tidak setiap rencana akan selalu berjalan mulus pasti ada halangan dan rintangan, tapi yang terpenting adalah kita mampu melewatinya.

Mengingat Halang rintang adalah kegiatan di Alam terbuka baiknya dalam menyusun kegiatan menerapkan prinsip pendidikan jasmani. untuk itu halang rintang baiknya dimulai dari yang paling ringan lalu meningkat ke berat dan diakhiri dengan kegiatan yang ringan lagi. 

Mengingat teori diatas, Kepramukaan WJS dalam menyelenggarakan Lomba Hiking Rally WJS V tingkat Penggalang se-Kwarda Banten akhir Januari 2018 lalu membuat mata lomba (Pos) khusus yaitu Pos Halang Rintang. Dimana peserta harus melewati / berlari diatas deretan ban, Peserta harus melewati 5 ban yang di deretkan. Lalu peserta melewati titian bambu, dimana mereka harus berjalan diatas bambu yang disusun seperti jembatan sepanjang 3 meter dengan ketinggia kurang lebih 40 cm. 

Lomba Halang Rintang ini merupakan pos lomba yang paling seru menurut peserta karena mereka hanya memiliki 1 kesempatan melewatinya. ternyata banya peserta yang bisa melewatinya kuncinya adalah berlatih di gudep masing-masing sebelum perlombaan. Berikut dokumentasi keseruan pos Halang Rintang Hiking Rally WJS V :











Kegiatan Halang Rintang harus selalu mempehatikan unsur safety atau keamanan, dan tanggap dalam menghadapi cidera selama kegiatan, karena tak menutup kemungkinan hal itu bisa saja terjadi.

Demikian postingan kami tentang Halang Rintang semoga dapat bermanfaat, Salam Pramuka!!!

Posting Komentar

0 Komentar