Situs kepramukaan yang wajib di Kunjungi

Winayajayasakti.org - website atau lazim disingkat web atau juga sebuah situs online adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internetSebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa dengan Website kita bisa mendapatkan dan membagi informasi dan Ilmu. Maka dari itu Pramuka saat ini juga dituntut dapat menggunakan teknologi sebaik mungkin. Website kepramukaan banyak menolong anggotanya untuk lebih mengenal dan mempelajari materi kepramukaan dan kegiatan kepramukaan. Dibawah ini adalah website kepramukaan yang wajib di kunjungi oleh seorang Pramuka.

Pramuka.or.id
Situs resmi Kwarnas Gerakan Pramuka ini merupakan situs utama yang selalu mengupdate informasi dan kegiatan Gerakan Pramuka dari tingkat Lokal, Nasional dan Internasional. Dari situs ini kita dapat mengunjungi situs kepramukaan lainnya, seperti Situs Radio Online Pramuka, Madu Pramuka, dan Halaman Akreditasi Gugus Depan, serta daftar web dari masing-masing Kwarda di Seluruh Indonesia. Konten di situs ini lengkap dengan isi Artikel, Gambar / Foto serta Video pilihan. Meskipun dengan menu yang banyak tetapi dapat dimuat dengan waktu yang cepat ini membuktikan keseriusan Kwarnas untuk membuat nyaman pembacanya.
Tampilan Web Kwarnas
Scout.org
Situs resmi WOSM ini menggunakan design layout jenis portofolio, hal ini membuatnya terlihat lebih elegan dan merangkum semua kegiatan kepanduan dari berbagai penjuru dunia. 
Tampilan Web WOSM
Selain kegiatan disajikan dalam bentuk tulisan, di halaman awalnya terdapat video kegiatan Kepanduan dunia yang diolah sebegitu kerennya. Tetapi bila koneksi internet kurang memadai hal ini membuat lama untuk memuat halaman ini. Tapi yang paling penting dari alamat web ini adalah kita dapat belajar banyak dan mencari inspirasi dari kegiatan kepanduan se dunia. Web ini di tulis dalam bahasa inggris tentunya, semoga nantinya ada fitur yang dapat menterjemahkan ke dalam bahasa indonesia sehingga lebih banyak lagi viewer dari indonesia yang mampir ke web ini.

Pramuka.id
Web ini awalnya bernama pramukanet yang merupakan web kepramukaan yang lebih dulu hidup dan memberikan informasi yang terbaik sejak tahun 2000an. Awalnya menu tampilannya sederhana dengan banyaknya menu dan lengkap materi kepramukaan. Bahkan menurut saya sampai saat ini masih lebih lengkap Pramukanet di banding web kwarnas.
Pramukanet - pramuka.id
Sayangnya saat ini adminnya merubah tampilan, meskipun lebih bagus tetapi menjadi lebih berat untuk di buka. Isi dari web Pramukanet tetap seperti dulu lengkap dan semakin di update kegiatan dan materi kepramukaannya. Sayangnya di Web Kwarnas tidak ada link yang menuju ke Pramukanet hal ini mengindikasikan saya bahwa web ini tidak dikelola resmi oleh kwarnas. 

Kakakiky.blogspot.com
Web blog ini dimiliki oleh seorang anggota Pramuka bernama M. Rizki Riswandi yang masih duduk dibangku SMA di Aceh. wah dia masih penegak tapi sudah aktif menulis blog dan mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi anggota Pramuka. Blog nya berisi materi kepramukaan yang saya yakin di dapatnya dari internet juga dan merubah sedikit narasi materi tersebut sehingga enak dibaca atau bahasa lainnya Kekinian. 
kakakiky
Kakakiky.blogspot.com
Selain itu dia pula pandai dalam membuat gambar untuk pengantar tulisannya. Admin WJS sendiri belajar itu darinya dan semoga bisa diterapkan di Web kami ini. selain Blognya ramai pengunjung akun youtubenya pun banyak dikunjungi orang, hal ini menunjukkan kemampuan Kak Iky dalam bidang informasinya dan kreatifitasnya tinggi. semoga makin banyak orang yang semangat membangun blog serupa. 

Demikian tulisan kami tentang Situs Kepramukaan yang wajib di kunjungi oleh netizen Pramuka. 




Posting Komentar

0 Komentar