Semboyan Bendera Semaphore - Winaya Jaya Sakti

Winaya Jaya Sakti

Pramuka SMP Negeri 1 Karangtanjung

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Semboyan Bendera Semaphore

Semboyan Bendera Semaphore

Share This
Salam Pramuka!

winayajayasakti.org - Bendera dipergunakan sebagai tanda (signal) pada masa lalu untuk menyampaikan pesan atau berkomunikasi sebelum ditemukan dan dikembangkannya telegraph dan komunikasi radio atau dilakukan pada saat ini jika alat-alat tersebut tak dapat digunakan karena suatu sebab. 

Semaphore adalah cara mengirim berita dengan menggunakan sepasang bendera. Bendera yang dipergunaka biasanya berukuran 45 X 45 cm dan warnanya harus kontras atau mencolok agar mudah dilihat dari jauh. Tongkat bendera semaphore yang baik panjangnya sekitar 60 cm. Berikut Huruf Semaphore :


Warna-warna bendera semaphore yang digunakan di laut biasanya kombinasi Merah dan Kuning, atau biasa disebut dengan Bendera Oscar. Sedangkan penggunaanya di Darat biasanya kombinasi Biru dan Putih atau biasa disebut Bendera Papa. Selain di laut, penggunaan semaphore biasanya juga digunakan saat pendakian di gunung, karena suara sudah tidak terdengar atau jaraknya yang terlalu jauh. Hal ini sering digunakan oleh Polisi Hutan Kanada, walau tidak selalu membawa bendera mereka hanya menggunakan tangannya saja. 

Bersama dengan Kode Morse,Semaphore telah menjadi kode komunikasi utama yang dipergunakan dalam kegiatan-kegiatan petualangan remaja, begitupun digunakan dalam kegiatan kepramukaan. Saat ini dalam rangka berlatih penggunaan semaphore banyak di Variasikan dengan senam irama, atau biasa disebut Senam Semaphore bahkan ada juga yang menyebutnya Tari Semaphore. Pangkalan kami pun seringkali menggunakan Senam Semaphore untuk Demo Ekstrakurikuler. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar!!

Pages