Jenis Suara Manusia

Salam Pramuka!

winayajayasakti.org - Seorang Professor Music pernah berkata, "apabila kamu bisa berbicara maka kamu pun pasti bisa bernyanyi, kecuali ada gangguan vocal". Memang belajar bernyanyi yang baik tidak semudah menjentikan jari, ada banyak teknik dasar yang harus dikuasai sebelum menjadi penyanyi yang top. 


Jenis Suara
Sebelum berlatih lebih jauh tentang teknik bernyanyi, kita harus tau terlebih dahulu jenis suara kita.Suara dihasilkan dari getaran pita suara ketika manusia berbicara atau mengeluarkan suara. Kemampuan getaran suara tersebut berbeda-beda. Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan menggetarkan pita suara sehingga dihasilan nada suara rendah dan dalam. Sebagain yang lain mungkin saja memiliki suara tinggi. Kemampuan tersebut, harus dipahami benar oleh seorang penyanyi. Jangan sampai, nada lagu yang akan dinyanyikan melebihi atau kurang dari kemampuan asli si penyanyi tersebut.

Pembagian jenis suara/jenis vokal penting untuk diketahui. Pembagian jenis suara untuk wanita adalah :
1.) suara Sopran untuk suara tinggi, Sopran adalah jenis suara wanita berambitus tinggi yakni di antara nada C1 sampai C3. Dengan melakukan latihan rutin, tingkat ambitus tersebut dapat ditingkatkan. Dalam pementasan, umumnya jenis suara sopran lebih banyak divariasikan tergantung lagu dan jenis pementasan yang akan ditampilkan. 

Soprano dramatik digunakan ketika suara yang dihasilkan sangat ekspresif dan bertenaga. Sementara itu, soprano lirik digunakan ketika suara ringan dan manis harus dihasilkan. Suara dengan ambitus cukup tinggi yang dinyanyikan dengan tangkas dapat menghasilkan soprano pewarna.

2.) suara mezzo-sopran untuk suara sedang, Memiliki wilayah sekitar G#3/A3 hingga G#5/A5. Wilayah ini hanya dimiliki oleh wanita (murni suara asli bukan mixed voice). Penyanyi yang sering bernyanyi di wilayah ini diantaranya Yelse, Vina, Rita Butar Butar, Jaclyn Victor, Agnes Monica dan Ziana Zain.

3.) dan suara alto untuk jenis suara rendah. Dalam paduan suara, alto dikenal juga dengan istilah contralto. Jenis suara ini memiliki tingkat ambitus wanita paling rendah yakni nada F sampai D2. Dalam paduan suara, penyanyi bersuara alto umumnya ditempatkan pada suara kedua yakni suara kedua tertinggi dalam kelompok. Suara alto perempuan ini hampir sama dengan suara laki-laki dengan ambitus tertentu yang dikenal dengan istilah counter tenor.

Ciri suara alto lainnya adalah jenis suara ini harus dinyanyikan rendah, berat, dan dalam. Sementara itu, sebagian ahli yang lain berpendapat, suara alto harus dinyanyikan dengan berwibawa. Oleh karena itu, pada umumnya penyanyi yang memiliki jenis suara alto umumnya memerankan lakon ratu dalam pementasan opera. Dengan karakteristik suara yang dimiliki, peran ratu tersebut terkesan berwibawa.

Sementara itu, pembagian jenis suara pria adalah :
1.) suara tenor untuk jenis suara tinggi, Sama halnya seperti suara sopran, suara tenor merupakan jenis suara dengan ambitus tertinggi di kelasnya yakni suara pria. Umumnya, suara tenor terletak satu oktaf lebih rendah dibandingkan suara sopran. Namun demikian, chord G digunakan pada kedua jenis suara tersebut. Rentang ambitus yang mampu dicapai oleh penyanyi tenor adalah B Besar sampai G1. Suara tenor memiliki karakteristik bertenaga dan jantan.

2.) suara bariton untuk jenis suara sedang, Memiliki wilayah sekitar G#2/A2 hingga G#4/A4. Kebanyakan wilayah contrabass, bass, & bariton dimiliki oleh pria dan jarang untuk wanita meskipun Mariah Carey, Georgia Brown, Chaka Khan, & Whitney Houston dapat mencapai nada rendah A2. Di Indonesia 70% vokalis pria suaranya berada di wilayah ini

3.) dan suara bass untuk jenis suara rendah. Kebalikan dari jenis suara tenor adalah bass. Bass memiliki ambitus terendah pada suara pria. Umumnya rentang ambitus suara bass adalah E besar dan C1. Jenis-jenis suara bass adalah bass profondo, bass cantante, bass buffo, dan bass baritone.

Bass profondo adalah bass paling dalam dengan ambitus paling rendah namun bertenaga. Bass cantante adalah bass dengan karakterisik ringan dan manis dan memiliki level sedang. Bass buffo adalah bass dengan karakteristik tangkas cocok untuk opera komik. Bass baritone adalah suara kuat dan batas atas dari ambitus bass.

Perpaduan dari jenis-jenis suara tersebut dapat menghasilkan komposisi suara yang indah dan ear catchy.


Posting Komentar

0 Komentar