[Sejarah] Permainan Kartu Yu Gi Oh

1. Asal-usul atau keterangan singkat

Permainan kartu Yu-Gi-Oh! Ini berdasarkan komik dan anime Yu-Gi-Oh! Kazuki Takahashi. Dalam permainan ini dua card duelist akan saling bertarung dengan kartu monster mereka untuk memperebutkan gelar duelist sejati.Di saat ini pun permainan ini sangat popular di kalangan anak-anak, remaja, dan orang tua.Di luar negeri seperti amerika dan jepang mengadakan turnamen kartu Yu-Gi-Oh!


2. Tujuan dari game

Tujuan permainan ini sama dengan permainan lainnya dimana seorang duelist harus bisa mengalahkan lawannya.Sebuah pertarungan terdiri dari 3 kali duel, duelist yang bias memenangkan 2 pertarungan maka dialah pemenangnya.Apabila setiap duelist menang satu kali,kalah satu kali,dan seimbang,atau 3 kali seimbang, maka tidak ada yang menang dan kalah.


3. Cara memenangkan pertarungan

Pada awalnya setiap duelist memiliki 8000 life point.Apabila life pointnya menjadi 0,maka dia kalah .Apabila dua duelist life pointnya sama-sama 0,maka pertandingan adalah seri.Apabila kedua duelist tidak bisa menarik kartu pada Draw Phase maka yang pertama kali kehabisan kartu maka dia yang kalah.Untuk memenangkan pertarungan,bisa juga dengan cara special.Apabila seorang duelist memiliki 5 kartu ini di tangannya maka dia akan langsung menang:

Left Leg of the forbidden one
Right leg of the forbidden one
Left arm of the forbidden one
Right arm of the forbidden one
Exodia of the forbidden one

4. Persiapan deck

- Dalam satu Main Deck harus terdiri dari minimal 40 kartu
- Sebagai tambahan ketika duel kamu dapat membuat sebuah Side Deck yang terdiri dari 15 kartu.Fungsi Side Deck ini untuk memodifikasi Main Deck kamu agar sesuai dengan strategi yang kamu gunakan.
- Diantara pertarungan(setelah/sebelum kamu dapat menukar kartu dari Side Deck ke Main Deck dengan catatan jumlah kartu di Main Deck jumlahnya sama setelah pertukaran.
- Untuk membuat Side Deck ini harus tepat terdiri dari 15 kartu.Jika jumlahnnya lebih atau kurang,maka tidak boleh dibuat Side Deck.
- Dalam pertarungan kamu hanya boleh memiliki tiga kopi jenis kartu yang sama.


5. Tata cara bertanding

Sesuai dengan aturan resminya sebuah pertarungan dimulai dengan :
- Kedua duelist saling mengocok kedua kartunya dan kemudian memberikan kembali kepada pemiliknya .
- Apabila duelist menggunakan Fusion monster,kartunya harus ditaruh menghadap ke bawah di Fusion Deck Zone.Kartu fusion tidak terhitung ke dalam batas minimal 40 kartu pada Main Deck.
- Setiap duelist harus memperlihatkan 15 kartu Side Decknya dalam keadaan tertutup.Duelist kemudian berhak menghitung apakah jumlah Side Deck 15 kartu.Setelah itu,duelist memberikan kembali pada pemiliknya.
- Untuk memulai pertarungan, diadakan pengundian dengan koin.Duelist yang memenangkan pengundian koin berhak memilih apakah akan jalan duluan,pada pertarungan berikutnya,duelist yang jalan duluan adalah yang kalah.Apabila duel berakhir dengan seri maka diadakan pengundian lewat koin.
- Setelah masing-masing duelist mengambil lima kartu dari atas decknya maka pertarungan dimulai.

Yang Harus Diperhatikan:

- Selalu nyatakan gerakan yang akan kamu lakukan (menyerang,flip,summon,effect,magic,dll.)dengan jelas.
- Tiap duelist berhak mengetahui isi dari graveyard lawannya.
- Jangan pernah menyentuh kartu lawan tanpa meminta ijin darinya.

6. Phase permainan

Di bawah ini adalah fase-fase dalam permainan Yugioh. Kalian harus mengikuti fase-fase berikut ketika bertanding.

A.Draw Phase

Dalam phase ini duelist diharuskan mengambil satu kartu dari atas decknya.Apabila duelist kehabisan kartu,maka dia langsung kalah.

B. Standby Phase

Urutannya tepat setelah Draw Phase. Pada saat ini kalian tidak boleh melakukan apapun kecuali persiapan Main Phase I. Phase ini biasanya berguna ketika kalian mengaktifkan kartu dengan efek Standby Phase seperti Solemn Wish yang menyembuhkan 500 Life Point setiap standbye phase kalian.



C.Main Phase I

Pada phase ini Duelist dapat melakukan satu kali normal summon atau set 1 monster card.Duelist juga dapat mengaktifkan atau set magic card dan trap cards.Yang harus diperhatikan jumlah kartu pada monster card zone atau magic card dan trap card zone masing-masing tidak boleh lebih dari lima.Dalam phase ini duelist juga dapat mengubah posisi attack atau defence monster cards.Pengubahan posisi dari kartu ini hanya bisa dilakukan pada main phase I atau II.Selain itu,monster yang sudah menyerang tidak bisa diubah ke defence position dalam giliran yang sama.Monster yang baru disummon atau di set,posisinya tidak bisa diubah pada giliran yang sama.Setelah main phase duelist dapat melanjutkan ke battle phase atau end phase.


D. Battle Phase

Pada tahap ini duelist dapat melakukan penyerangan baik pada monster lawan maupun menyerang langsung dengan menggunakan kartu monster pada posisi attack.Ketika akan menyerang,duelist wajib memilih satu monster miliknya untuk menyerang satu monster lawan atau menyerang langsung(Bila di duel field lawan tidak ada kartu monster).Bila duelist menyerang kartu monster yang tertutup,fliplah kartu tersebut.Bila terdapat flip effect pada monster tersebut,aktifkan effectnya.

E. Main Phase II

Setelah Battle Phase. Keterangannya sama seperti Main Phase I. Bedanya kalau kalian sudah set atau summon monster maka kalian tidak bisa summon atau set lagi. Monster yang sudah menyerang pada battle phase juga tidak bisa dirubah posisinya menjadi attack atau defend.

F. End Phase

Pada fase ini kalian mengakhiri giliran kalian.

G. Next Player Turn

Kalian memberikan giliran pada lawan.

Penting : Kalian wajib menyatakan ingin memasuki atau mengakhiri fase mana pada lawan kalian. Setelah memasuki atau mengakhiri suatu fase maka kalian tidak bisa mengulanginya kembali. Sebaiknya kalian pikir-pikir dulu sebelum memasuki atau mengakhiri Main dan Battle Phase.



7. Jenis-jenis kartu

Dalam Yugioh terdapat 3 jenis kartu. Ketiga kartu ini terdiri dari Monster, Magic, dan Trap. Kartu monster digunakan untuk menyerang. Kalian terlebih dahulu harus mensummon monster ke dalam battle field sesuai ketentuan yang berlaku. Kartu magic berfungsi untuk berbagai hal seperti equip, defend, dan menyerang. Sedangkan kartu trap adalah kartu yang berfungsi untuk mengcounter gerakan lawan kalian. Dalam tiga jenis kartu ini juga dibagi menjadi beberapa tipe. Monster tebagi atas Normal, Fusion, Effect, dan Ritual. Magic terbagi atas Normal, Field, Equip, Continuous dan Quick Spell. Trap terbagi atas normal dan continous.


8. Kartu monster

Kartu monster memiliki gambar bintang di sebelah kanan atas. Untuk mensummon monster bintang 4 ke bawah maka kalian bisa langsung melakukan summon atau set. Untuk bintang 5-6 maka kalian harus melakukan attribute summon (Mengorbankan 1 kartu monster kalian pada field). Untuk bintang 7 atau lebih maka kalian harus mengorbankan 2 monster pada field. Monster yang dikorbankan untuk normal summon atau set tidak tergantung pada level bintangnya. Apabila summon maka taruh kartu monster dalam keadaan terbuka secara vertical. Pada saat ini maka monster dalam posisi menyerang dan yang aktif adalah point menyerang monster (Attack Point). Apabila kalian melakukan set maka taruh kartu monster dalam keadaaan menghadap ke bawah secara horizontal. Saat melakukan set maka monster berada dalam posisi bertahan dan yang aktif adalah defend point. Setelah melakukan normal summon atau set maka kalian tidak bisa mengubah posisi kartu monsternya kecuali pada giliran berikutnya atau karena pengaruh kartu magic,trap, atau monster.

Jenis Kartu Monster :
--------------------------
Normal Monster : Kartunya berwarna kuning atau coklat.
image

Effect Monster : Kartunya berwarna orange. Kartu monster ini memiliki efek-efek tertentu yang bisa digunakan dalam duel.
image

Fusion Monster : Kartunya berwarna ungu. Untuk memanggil fusion monster diperlukan kartu magic polymerization dan kartu monster untuk fusion.
image

Ritual Monster : Kartunya berwarna biru. Untuk summon maka dibutuhkan kartu magic ritual monsternya dan mengorbankan monster sejumlah bintang monster ritualnya.
image


Jenis-jenis Summon Monster
----------------------------------

Normal Summon atau Set : Kalian melakukan summon secara biasa baik atribut maupun tidak. Dalam 1 giliran kalian hanya bisa melakukan 1 kali Set atau Normal Summon.

Special Summon : Special summon merupakan summon special dengan menggunakan efek kartu. Ini tidak terhitung normal summon atau set. Jadi setelah special summon kalian masih bisa melakukan normal summon atau set.

Flip Summon : Terlebih dahulu kalian sudah memiliki monster dalam posisi bertahan menghadap ke bawah. Kalian flip kartunya dan monster akan berada dalam posisi menyerang. Saat melakukan flip maka kalian melakukan summon. Ini berbeda dengan Set dan Normal Summon. Setelah flip satu kartu maka kartu akan disummon. Biasanya flip summon ini digunakan pada kartu monster yang memiliki efek tertentu.

Ritual Summon : Digunakan untuk mensummon monster yang berwarna biru. Kalian memerlukan kartu magic untuk ritual monster yang akan dipanggil. Kartu monster ritualnya juga harus ada pada tangan kalian. Setelah mengaktifkan ritual magic card maka kalian korbankan monster dengan jumlah bintang yang sama baik pada field ataupun tangan kalian sesuai jumlah bintang pada ritual monster. Ritual summon tergolong Special Summon.

Fusion Summon : Ini termasuk special summon. Kalian harus menaruh monster fusion pada fusion field. Syarat fusion kalian harus memiliki kartu monster yang diperlukan untuk fusion monster baik di tangan maupun di field. Selanjutnya gunakan kartu Polymerization Magic untuk mensummon fusion monster. Monster yang diperlukan untuk fusion akan langsung hancur dan masuk ke graveyard.

9. Magic and Trap Card

Kartu Magic : Berwarna Hijau dan memiliki 5 jenis yaitu, normal, continue,equip, dan quick spell. Untuk mengaktifkan kartu magic kalian bisa langsung melakukannya ketika memilikinya di tangan atau diset di magic/trap zone.

Normal Magic : Hanya bisa digunakan pada main phase 1 atau 2. Sekali digunakan akan langsung hancur.
image

Equip Magic : Hanya bisa digunakan pada main phase 1 atau 2. Diequip pada monster sesuai petunjuk kartu. 1 monster bisa diequip banyak kartu sesuai jumlah kartu max pada trap/magic zone. Apabila monsternya hancur maka kartu ini juga hancur.
image

Continuous Magic : Hanya bisa digunakan pada main phase 1 atau 2. Memiliki lambang tak hingga. Sekali aktif maka kartu magic ini akan terus berada pada field. Efeknya terus berlanjut sampai kartu ini dihancurkan baik oleh efek, magic, atau trap card.
image

Field Magic : Hanya bisa digunakan pada main phase 1 atau 2. Memiliki lambang bintang. Ketika aktif ditaruh di magic/trap zone. Dalam permainan hanya boleh ada 1 field yg aktif. Apabila satu kartu field diaktifkan maka akan menggantikan field magic yg tadinya aktif.
image

Quickplay : Bisa digunakan seperti trap card dalam battle phase. Sekali digunakan akan langsung hancur.
image

Kartu Trap :

Kartu ini berwarna ungu/pink. Untuk mengaktifkan kartu trap kalian harus menset kartunya terlebih dahulu di magic/trap zone. Setelah satu giliran maka kartu trap baru bisa diaktifkan.

Normal Trap : Sekali diaktifkan akan langsung hancur. Jenis ini bisa diaktifkan sesuai keterangan kartunya.
image

Continue : Sama seperti continuous magic sekali kartu ini aktif maka akan selamanya berada pada trap zone. Efeknya akan terus berlanjut sampai kartu ini dihancurkan.
image

Posting Komentar

0 Komentar