PKM : Karakterisasi Aktivitas Enzim Bromelin dari Bonggol Nanas (Ananas comosus) yang Diamobilisasi dengan Matrik Karboksi Metil Selulosa (CMC) dan kitosan. - Winaya Jaya Sakti

Winaya Jaya Sakti

Pramuka SMP Negeri 1 Karangtanjung

Post Top Ad

Responsive Ads Here
PKM : Karakterisasi Aktivitas Enzim Bromelin dari Bonggol Nanas (Ananas comosus) yang Diamobilisasi dengan Matrik Karboksi Metil Selulosa (CMC) dan kitosan.

PKM : Karakterisasi Aktivitas Enzim Bromelin dari Bonggol Nanas (Ananas comosus) yang Diamobilisasi dengan Matrik Karboksi Metil Selulosa (CMC) dan kitosan.

Share This
Saat ini di Indonesia banyak ditanami buah nanas (Ananas comosus L.Mer) yang kerap dikonsumsi sebagai buah segar. Nanas dapat tumbuh di daratan tinggi hingga 1000 meter dari permukaan laut. Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Brazilia, Argentina, dan Paraguay. Nanas tergolong dalam famili Bromiliaceae yang bersifat terestinal. Varietas nanas yang banyak ditanam di Indonesia adalah golongan Cayene dan Queen. Saat ini ragam varietas nanas yang dikategorikan unggul adalah nanas Bogor, Subang, dan Palembang.



Buah nanas mengandung enzim protease yang disebut bromelin. Bromelin adalah enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian buah nanas. Enzim proteolitik berperan penting dalam pencernaan karena memecah protein dalam makanan menjadi asam amino yang diperlukan tubuh.
Menurut Winarno, baik buah nanas muda maupun tua mengandung bromelin. Bahkan keaktifan bromelin pada kasein dari buah yang lebih muda lebih tinggi dibandingkan buah yang lebih tua, sehingga diperlukan penelitian tentang karakterisasi aktivitas enzim bromelin amobil. Buah nanas yang digunakan dalam penelitian ini adalah buah nanas muda yang banyak terdapat di pasaran untuk mengkomersialkan buah nanas ini.
Teknik isolasi enzim yang digunakan pada penelitian ini adalah fraksinasi menggunakan ammonium sulfat. Ammonium sulfat ditambahkan pada filtrat kemudian disentrifuge untuk memisahkan bagian-bagian yang tidak terlarut.

Ingin tahu lebih lanjut download disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar!!

Pages