Tes Emotional Question by Kak Suntama - Winaya Jaya Sakti

Winaya Jaya Sakti

Pramuka SMP Negeri 1 Karangtanjung

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tes Emotional Question by Kak Suntama

Tes Emotional Question by Kak Suntama

Share This
Yang belum tes EQ
Yuk tes EQ (emotional Quotient) ,

kenapa EQ Penting ?
Karena , IQ hanya berpengaruh 20% sedangkan 80% nya adalah EQ

udah siap ? ,jangan lupa jwaban di catata ya !
mulai !

1. Dalam perjalanan, bus loe tiba-tiba mogok. Kemudian tiba-tiba jalan lagi walau goyang-goyang sana-sini. Loe akan :
a. Tetep dengerin Walkman atau melihat pemandangan yang indahdan cuek terhadap itu.
b. Waspada banget akan kemungkinan kecelakaan. Beri perhatian lebih kepada perilaku pengemudi dan memberi tahu laennya betapa kuatirnya dikau.
c. Dua-duanya ( a dan b).
d. Ngga tahu ama sekali.

2. Loe ngebawa seorang anak kecil perempuan berumur 3 taon ke pesta ulang tahun teman. Bagaimanapun, dia menangis karena anak-anak laen menolak bermain dengannya. Loe akan
a. Cuek -- Biar dia menyelesaikan problemnya sendiri.
b. Bicara dengan lainnya dan membantunya supaya yang lain mau menerimanya.
c. Meminta dengan halus supaya ia tidak menangis.
d. Meninggalkan tempat itu supaya dia ngga sedih lagi.

3. Andai loe seorang pelajar yang menuntut kesempurnaan sekali. Setiap ujian kamu pelajari, tetapi hasilnya jelek di setiap ujian tapi loe udah usaha keras. Loe akan
a. Membuat suatu skema belajar untuk meningkatkanmut u nilai.
b. Mencoba untuk belajar lebih giat.
c. Mengatakan pada diri sendiri untuk tidak kuatir dan berkonsentrasi lebih pada ujian berikutnya.
d. Tanya pada sang guru. Coba meminta nilai yang lebih tinggi

4. Bayangkan loe seorang pedagang (salesman). Lebih dari 10 temanmu menolak produkmu. Loe sangat frustasi. Loe akan
a. Mengeluh dan berharap akan lebih baik
b. Melihat ulang kualifikasimu dan berpikir apakah loe bisa jadi salesman.
c. Mencoba menemukan perdagangan lain dan tidak pernah menyerah.
d. Memikirkan untuk ganti pekerjaan.

5. Andai loe seorang pemimpin dalam suatu grup yg kedudukan personelnya sejajar. Suatu hari ada yg mencemoohmu. Loe akan
a. Cuek dan menganggapnya hanya main-main.
b. Minta kepada orang itu untuk datang ke suatu ruangan dan mencari tahu apa yg dimaksud sebenernya.
c. Menyatakan pendapatmu bahwa grup ini tidak menerima ucapan macam itu.
d. Menyemangati agar orangitu mengambil kursus dalam hal itu.

6. Mobil baru temanmu tiba-tiba tabrakan dengan mobil seorang pengemudi yang ugal-ugalan. Dia sangat marah. Loe hanya ingin temanmu supaya ia dapat menenangkan dirinya.
a. Memintanya untuk melupakannya dan tidak ada yangperlu dilukai.
b. Bicara padanya hal-hal lain untuk mengalihkan perhatiannya.
c. Membelanya dan menyalahkan pengemudi itu bersama-sama.
d. Mengatakan padanya kalo loe pernah mengalami hal yang sama.Loe juga marah banget dan pergi ke kantor polisi

7. Loe bercek-cok dengan temanmu dan situasinya buruk. Kamuberdua terluka. Sekarang loemau
a. Istirahat 20 menit dan kemudian melanjutkan diskusi.
b. Berhenti cek-cok dan diam.
c. Meminta maaf dan minta agar dia juga berbuat sama.
d. Berhenti sebentar, pikir lagi, trus ungkapkan pendirianmu lagi

8.Kamu adalah seorang president dalam suatu pertemuan. Sejak aset penjualan memburuk, loe meminta agar staf dari bagian lainuntuk berpikir mengenai suatu rencana kemajuan yg baru. Loeakan
a. Menyatakan semua hal ygdiperlukan dalam diskusi dan waktu yang diperlukan dalam setiap poin.
b. Menggunakan waktu supaya para staf mengetahui 1 sama lainnya.
c. Menanyakan pendapat 1 per 1.
d. Menggunakan metede"pengilha man" untuk mendorong semangat para staf untuk memberikan pendapat mereka tidak perduli betapa gilanya ide itu.

9. Andai loe punya seorang sodara kecil yang sangat pemalu atau sangat sensitif. Ia takut akan orang asingatau tempat asing. Loe akan
a. Menerima kepribadiannyad an melindunginya supaya dia tidak terluka.
b. Meminta seorang psikologatau orang tuamu untuk membawanyake dokter.
c. Membawanya untuk berhubungan secara lebihdenganorang asing dan tempat yang asing. Semoga dia akan terbiasa.
d. Membuat suatu rencana penuh tantangan untuk membantunya mengatasi masalah itu.

10. Akhir-akhir ini, loe berkesempatan mempelajari piano yang kamu idamkan untuk mempelajarinya sejak kecil. Loe akan
a. Berlatih tiap hari sesuai denganjadwal.
b. Memilih suatu musik yang manadapat mengembangkan keahlianmusecar a bertahap.
c. Berlatih pas lagi ada keinginan.
d. Memilih suatu musik yang susah dipelajari untuk merangsangmu.

sekarang cocokkan jawaban agandgn hasil di bawah ini

1. A=20 B=20 C=20 D=0
2. A=0 B=20 C=0 D=0
3. A=20 B=20 C=20 D=0
4. A=0 B=0 C=20 D=0
5. A=0 B=0 C=20 D=0
6. A=0 B=5 C=5 D=20
7. A=20 B=0 C=0 D=0
8. A=0 B=20 C=0 D=0
9. A=0 B=5 C=0 D=20
10. A=0 B=20 C=0 D=0

Menurut pandangan seorang ahli, seseorang yang mendapatkan nilai 200 sangatlah pintar.
Akan tetapi, agan hanya bisa lulus tes kalu bisa melebihi nilai 100 .
Semakin tinggi nilai ya semakin ideal deh.
Kalau nilai agan d ibawah 75, tolong lebih memperhatikan masalah dunia emosi .
Kalau mungkin, coba cari pekerja sosial untuk diajak berbicara dan mengerti lebih tentang dirimu.

JUMLAHKAN HASILNYA...LALU COMENT

( BELAJAR JUJUR )

Yang mau kenal sama Kak Suntama Klik Foto Gantengnya 
Ceria

6 komentar:

  1. 180 gan! Thanks. Ada soal yg lebih menantang gak gan

    BalasHapus
  2. Ink sebenarnya tea iq. Ape eq sih

    BalasHapus
  3. bagus materi test EQ nya. oya tahun 2000 silam aku diklaim memiliki IQ 142 oleh intelegensi singapore. tetapi kenapa jika ditest EQ justru sangat rendah nilainya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar!!

Pages