Makna lain Quotes Soe Hok Gie

Jika Anda pernah melihat film Soe Hoek Gie Anda pasti akan mendengar kalimat ini di salah satu dialognya

"Aku ingin jadi pohon oak,yang berani menantang angin"


Tahukah Anda pohon oak?
Pohon Oak atau ek merupakan nama dari beberapa ratus spesies pohon dan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang berhubungan,terutama Cyclobalanopsis dan Lithocarpus.Genus ini berasal dari belahan bumi utara menyebar dari daerah lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika.

Pohon ini memiliki batang yang kokoh,daun yang rindang,teduh,dan memiliki kesan melindungi. Keberadaanya bagai oase di tengah padang gurun karena mampu melindungi manusia dari sengatan sinar matahari ataupun derasnya hujan yang menghantam.

Pohon Oak/ek tak peduli akan kerasnya hantaman angin.Karena ia didukung oleh daya tahan batang dan cabang-cabangnya yang kuat.meskipun angin menghembus dari arah barat,utara,selatan,timur,ia tak peduli. Tetap tegar berdiri,melawan angin.

Apa maksud puisi Soe Hoek Gie ini?
Bila soe hoek gie menginginkan seperti pohon Oak,maka yang terjadi adalah seseorang yang memiliki prinsip yang teguh.Yang tak mudah dihantam hembusan angin pemikiran dan semacamnya.Mengapa?Karena ia punya dasar karakter yang kuat dan keyakinan yang teguh bahwa apa yang menjadi prinsip hidup dan pedoman yang melandasinya adalah benar.


Ia takkan mudah dipengaruhi orang dan kalaupun bisa,akan butuh perjuangan keras untuk melakukannya. Sekilas kita akan memandangnya sebagai orang yang keras kepala.Namun,jika direnungkan lebih jauh kemampuan mempertahankan pendapat yang ia miliki dan daya tahannya terhadap terpaan arus pemikiran dari luar akan membentuknya menjadi pribadi yang kuat.Pribadi yang tangguh.

Menarik???
Sangat menarik sobat petualang.Saya pun sempat terkesima lho dengan buah pikiran Soe Hoek Gie ini.Tapi beberapa hari yang lalu saat saya browhsing di internet saya menemukan informasi yang berbeda/kontras sekali dengan quotes Soe ini.Boleh dikatakan apa yang saya temukan ini menjadi bantahan halus prinsip kuat yang di pegang soe.

Sebuah cerita fabel tua yang tidak tahu di karang oleh siapa namun begitu menggugah,menyentuh sampai ke ulu hati...Beginilah ceritanya....

Ada sebuah fabel tua tentang pohon oak perkasa yang telah tumbuh dan hidup selama satu abad.Setelah berdiri dengan kokoh sedemikian lamanya,pohon perkasa ini akhirnya ditumbangkan oleh badai.Ia terlempar ke dalam sungai dan hanyut terapung menuju muara.

Ketika terhanyut,pohon oak tersebut melewati barisan ilalang yang tumbuh di kelokan sungai.Sang perkasa yang telah tumbang tersebut bertanya kepada ilalang dengan penuh rasa heran."Bagaimana engkau bisa menghadapi badai yang sedemikian ganasnya sehingga saya yang kekar,kuat,dengan akar-akar yang banyak dan menghunjam kuat ke dalam tanah saja bisa ditumbangkan?"

Ilalang berkata,"Bertahun - tahun engkau melawan dengan keras kepala angin yang bertiup ke arahmu. Engkau begitu bangga dengan kekuatanmu,sehingga engkau bertahan bergeming sedikit pun.Sementara kami,sebaliknya tidak melawan angin,kami selalu meliuk dan merunduk mengikuti datangnya angin.Kami memahami kekuatan angin,sehingga semakin keras ia bertiup,kami semakin rendah hati dan merunduk kepadanya."

Jika angin kehidupan bertiup ke arahmu,maka meliuk dan merunduklah bersamanya.Kekuatanmu mungkin bisa melawan angin kecil,tetapi jika badai kehidupan melanda,kemampuanmu untuk meliuk,bersikap rendah hati,dan merunduk bersamanyalah yang menentukan apakah engkau akan tercabut dan tumbang,atau engkau tetap berdiri di kakimu.....



Quotes Soe Hoek Gie yang ini  "Aku ingin jadi pohon oak,yang berani menantang angin" sangat mantabz sementara fabel tua di atas juga menarik.Saya bingung,mungkin Anda bisa kasih saya solusi?

Posting Komentar

0 Komentar