WJS saat Ekspedisi Pahoman

Pahoman adalah semacam tempat keramat di daerah pasir peutey Cadasari Pandeglang, dalam ekspedisi kali ini saya dan teman teman mencari jalan singkat dari pangkalan kami ke pahoman yang bila lewat jalan biasa bisa mencapai 10 Km setelah kami cari jalan pintas dapat menjadi 6 Km. pahoman merupakan sarana edukasi karena disana merupakan cagar alam dan cagar Budaya yang dilindungi oleh pemerintah. dan Yang menarik adalah ditempat tersebut ada dua mitos yang sangat terkenal :
1. Batu Cita cita ; ritualnya adalah kita berusaha memeluk batu besar tersebut dengan tangan kita tetapi duduk dengan punggung alias memeluk dari belakang. jika kita berhasil menjangkaunya maka itu tandanya kita akan menjadi orang yang sukses dan berhasil mencapai cita cita kita.
2. Kolam Jodoh ; di kolam ini kita mengikat dua buah daun kopi dan daun tersebut dilarungkan dalam kolam tersebut. jika tetap menempel maka kita berjodoh tapi sebaliknya jika terpisah berarti kita tak kan berjodoh dengan orang yang kita inginkan tadi...

Dua buah ritual itu juga tidak dapat kita melakukan sendiri karena ada kuncen yang bertugas membantu kita, untuk biaya masuknya kita hanya infaq seiklasnya. berikut foto foto diluar pintu masuk pahoman.




Posting Komentar

0 Komentar