ngapain sih pramuka harus berani????

Ngapain sih Pramuka Harus Berani???

“Bagi mereka yang memiliki keberanian, tidak ada hal yang sulit di dunia ini”
    Kata mutiara tadi di atas merupakan bukti bahwa segala hal akan mudah dilakukan jika kita berani. Berani terdiri dari 6 huruf yang penuh arti, berani bukan terdiri dari kata imbuhan “ber-“ karena gak mungkin donk kata dasarnya adalah “ani”. Dalam KBBI berani mempunyai arti mempunyai hati yg mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan. Dari pengertian tersebut kita mengetahui kenapa kita bisa mengatakan bahwa dengan modal berani saja gak ada yang sulit di dunia ini. Itu karena keberanian merupakan wujud nyata dari rasa hati kita yang mantap dan percaya diri yang tinggi saat kita mengatasi sebuah persoalan hidup kita.
    Berani adalah lawan kata dari takut. Dimana takut dalam KBBI berarti merasa gentar dalam menghadapi suatu masalah yang dianggap bencana. Disini terlihat jelas bahwa berani dan takut adalah suatu yang berlawanan. Nah Kita dapat memilih menjadi orang yang pemberani atau penakut??
    Terus kenapa pramuka itu harus memiliki sifat berani? Bahkan berani juga merupakan salah satu poin dari dasa dharma pramuka. Nah lho kenapa? Hehehe ya jelaslah jawabanya adalah agar para anggota pramuka dalam menghadapi persoalan persoalan hidup selalu disertai rasa berani.
    Biasanya ajang pembuktian keberanian anggota pramuka ditunjukan pada ritual masuk kuburan atau penjelajahan malam. Sebenarnya ini adalah suatu teknik lawas dari jaman baheula kata orang sunda mah. Jika kita melihat arti sebenarnya dari kata berani maka kita dapat mengetahui bahwa cara tersebut belum membuktikan nilai suatu keberanian dari anggota pramuka. Karena bisa jadi mereka yang melakukan ritual tersebut hanya bermodalkan Nekat. Karena nilai keberanian anggota Pramuka akan nampak ketika mereka menghadapi permasalahan, di situ kita akan lihat bagaimana dia mengalahkan rasa takutnya terhadap resiko yang akan dia dapat.
    Dalam penjabaran Dasa Dharma Versi Pramukanet tertulis bahwa berani dapat terwujud dengan belajar untuk menilai dan menerima suatu kenyataan. Ini dikarenakan bahwa pada masa masa ini banyak orang yang tidak berani menghadapi kenyataan dan akhirnya tenggelam dalam keputus-asaan. Ini tentunya sesuatu yang paling dihindari oleh semua anggota Pramuka. Karena jika seseorang sudah tenggelam di keputusasaan maka akan sulit lagi untuk berenang ketepian semangat lagi.
    Mari tingkatan keberanian kita karena dari kata mutiara di atas tadi dapat dirumskan bahwa keberanian berbanding lurus dengan kesuksesan, jadi semakin besar nilai keberanian kita maka akan semakin besar juga kemampuan kita dalam menghadapi permasalahan kehidupan dan itu merupakan bentuk lain dari suatu yang dinamakan kesuksesan. Jadi Pramuka gak usah malu, berani aja lagi……!!!

“Takut mati gak usah hidup
Takut  hidup mati aja sekalian”

Pustaka
P.Vaswani.J. 2003. A little book of wisdom. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer
www.pramukanet.org

By : Ka Bayu 

Posting Komentar

3 Komentar

  1. It works on the number of specific actions to optimize, clean, repair, and safeguard the Computer.
    Facebook FBML you can forget performs after march 11th, 2011.
    So you see, now you know how to speed-up Windows 7!

    My web site :: how to use whatsapp on pc

    BalasHapus
  2. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself
    or did you hire someone to do it for you? Plz reply as I'm looking to design my own blog and would like to find out where u got this
    from. appreciate it

    my web blog - aspen dental

    BalasHapus
  3. It could be that the place you're in is blocking access to these sites.
    It's plain to see that anthologies are making a strong comeback as we hear of a new one being made each week.
    You can also change your country IP address to gain access to these sites.



    My homepage ... free movie downloads for ipad

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar!!